PENERAPAN MODELSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWAKELAS V SDN 10 SUNGAI SAPIH KEC. KURANJI KOTA PADANG

Gempita, Oktarina and Gusmaweti, Gusmaweti and Syafni, Gustina Sari (2017) PENERAPAN MODELSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWAKELAS V SDN 10 SUNGAI SAPIH KEC. KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model Student Facilitator and Explaining dengan metode Konvensional dikelas V SDN 10 Sungai Sapih kec. Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “Randomized control group posttest only design” populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Kec.Kuranji Kota Padang yang berjumlah 149 siswa. Sampel Pada Penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, pemilihan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara random didapatkan kelas VB sebagai Eksperimen dan kelas VD sebagai kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar kognitif aspek pengetahuan menunjukkan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining 81,32 dan hasil belajar siswa kelas kontrol 64,4 dengan taraf uji statistik ������� = 3,83 > ��"#$% = 1,66 berarti , maka ( diterima () ditolak. Hasil belajar kognitif aspek pemahaman menunjukkan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining 83,15 dan hasil belajar IPA siswa kelas kontrol 65,5 dengan ������� 3,80 > ��"#$% = 1,66, maka ( diterima () ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dengan menggunakan model student facilitator and explaining dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci:, Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, HasilBelajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:19
Last Modified: 17 Jul 2023 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item