PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 10 SURAU GADANG

Intan, Permata Sari and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 10 SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (132kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran circuit learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian “PretestPosttest Only Control Grup Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 10 Surau Gadang yang berjumlah 41 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang cara pengambilan sampelnya menggunakan sampling Purposive. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji statistik. Hasil penelitian pada tes hasil belajar PKn siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar PKn pada kelas eksperimen yaitu sebesar 85 dan pada kelas kontrol yaitu 65. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 125,78 dan nilai ttabel sebesar 1,68488 pada taraf nyata signifikan α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning. Kata Kunci: Circuit Learning, Hasil Belajar PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:53
Last Modified: 17 Jul 2023 06:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item