PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 03 PANCUNG SOAL INDERAPURA

Kiki, Rizki Amelia and NURHARMI, NURHARMI and Darwianis, Darwianis (2017) PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 03 PANCUNG SOAL INDERAPURA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (181kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran PKn menggunakan model Think Pair and Share dan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dilaksanakan dalam dua kelas sampel. Kelas VA dijadikan kelas kontrol dan kelas VB dijadikan kelas eksperimen. Data penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil akhir. Hal ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen 87,38 dan kelas kontrol 81,19. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung=3,85 dan ttabel=1,68 dimana thitung˃ttabel berarti 3,85˃1,68 dengan demikian hipotesis H1 dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Thing Pair and Share dalam pembelajaran PKn berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 03 Pancung Soal Inderapura. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Thing Pair and Share dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Thing Pair and Share, Hasil Belajar, PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:03
Last Modified: 18 Jul 2023 02:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14109

Actions (login required)

View Item View Item