PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJARMATEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERIDI GUGUS II KECAMATAN PADANG UTARA KOTA PADANG

Lola, Priscillia and Zulfa, Amrina and Hendra, Hidayat (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJARMATEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERIDI GUGUS II KECAMATAN PADANG UTARA KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (139kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi di Kelas IV SDN Kecamatan Padang Utara, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis terhadap hasil UH I peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri di Gugus II Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang betul-betul (Quasi Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri di Gugus II Kecamatan Padang Utara dengan sampel SDN 13 Lolong sebagai kelas Eksperimen dan SDN 11 Lolong sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t.Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan Pendekatan RME dengan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan Pendekatan konvensional Kelas IV SD Negeri di Gugus II Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Dari daftar distribusi t dengan dengan taraf nyata 0,05 dan , diperoleh sedangkan . sehingga , berarti hipotesis H0 diterima. ____________________________ _____ Kata Kunci : Realistic Mathematic Education, Pembelajaran Matematika, Hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:30
Last Modified: 18 Jul 2023 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item