PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKINGSTICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDNEGERI 20 KURAO PAGANG

Melya, Sofina and Hendra, Hidayat and rona, taula Sari (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKINGSTICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDNEGERI 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA siswa antara penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 20 Kurao Pagang. Metode penelitian yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 20 kurao pagang, teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas IV.a sedangkan kelas kontrol IV.b. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis yang dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 17.0. hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick memiliki rata-rata hasil belajar 81,67 dan siswa yang mengunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 75.00 serta hasil uji hipotesis sebesar 0,0095 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 20 Kurao Pagang. Kata Kunci : Pembelajaran Model Talking Stick, Hasil Belajar IPA,Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:01
Last Modified: 18 Jul 2023 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14118

Actions (login required)

View Item View Item