PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD SABBIHISMA 1 PADANG

MENTARI, RAHMANDA and Yusrizal, Yusrizal and Daswarman, Daswarman (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD SABBIHISMA 1 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVE- BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (192kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Pembelajaran IPS melalui model Word Square di SD Sabbihisma 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sebanyak 50 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik total simple random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada pembelajaran antara penerapan model pembelajaran Word Square dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS penerapan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 82,29> kontrol = 73,92) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan t�����>t�� � (t�����= 2,204>t�� �= 2,01). Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Sabbihisma 1 Padang. Melihat hasil penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap hasil belajarsiswa pada pembelajaran IPS dan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: Word Square, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:08
Last Modified: 18 Jul 2023 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item View Item