PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SD SEMEN PADANG 2

Nur, Alizaarofatul Jannah and Yusrizal, Yusrizal and Darwianis, Darwianis (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SD SEMEN PADANG 2. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (79kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Terbalik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian “PosttestOnly Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Semen Padang 2 yang berjumlah 42 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang cara pengambilan sampelnya menggunakan random sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji statistik. Hasil penelitian pada tes hasil belajar PKn siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar PKn pada kelas eksperimen yaitu sebesar 83,1 dan pada kelas kontrol yaitu 75,3. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,19 dan nilai ttabelsebesar 1,70 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Terbalik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Terbalik, Hasil Belajar PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:39
Last Modified: 27 Jul 2023 02:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item