Nurhaida, Sarereakek and Gusnetti, Gusnetti and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL MODELLING THE WAY DI SDN 03 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
FULLTEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian kelas V di SDN 03 Kampung Olo Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V. Teori yang digunakan mengamati data adalah teori membaca yang dikemukakan oleh taringan, sedangkan teori istrani menjelaskan tentang model pembelajaran model Modelling The Way. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Kampung Olo, yang berjumlah 18 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan membaca siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui bahwa kemampuan membaca siswa 52,5% pada siklus I meningkat menjadi 76% pada siklus II, aktivitas kegiatan guru 66,5%pada siklus I meningkat menjadi 89,5% pada silus II, dan hasil belajar siswa dari 55% pada siklus I meningkat menjadi 77% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia melalui model Modelling The Way di SDN 03 Kampung Olo dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model Modelling The Way. Kata kunci: kemampuan membaca siswa, model modelling the way
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:48 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14191 |
Actions (login required)
View Item |