PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD SABBIHISMA 01 PADANG

Nuri, Hayatul Jannah and Susi, Herawati and Daswarman, Daswarman (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD SABBIHISMA 01 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (156kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh hasil belajar Matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model make a match lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Konvensional dikelas V SD Sabbihisma 01 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Sabbihisma 01 Padang yang berjumlah 86 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh ������� yaitu 2,233. Bila dibandingkan dengan t�� !" adalah 2,006 maka �������>t�� !" (# 0,05), dengan demikian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran make a match memperlihatkan hasil yang positif, karena hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelas kontrol, dimana hasil belajar ranah kognitif pada kelas kelas eksperimen (rata-rata 86,1034), kelas kontrol (rata-rata 81,1481). Sehingga dapat diterapkan untuk pencapaian hasil yang optimal pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran make a match, sebagai salah satu model dalam pembelajaran matematika di seluruh Siswa tingkat Sekolah Dasar. Kata Kunci : pembelajaran matematika, make a match, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:59
Last Modified: 27 Jul 2023 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item