PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 03 BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR

Rahmad, Hidayah Tullah and Gusmaweti, Gusmaweti and Daswarman, Daswarman (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 03 BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (357kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap hasil belajar IPA siswa pada ranah kognitif tingkat pengetahuan (C1) dan tingkat pemahaman (C2) serta hasil belajar siswa pada ranah afektif tingkat menanggapi (A2) di kelas V SD Negeri 03 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 37 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil ulangan harian I siswa pada mata pelajaran IPA semester II Tahun Ajaran 2016/2017, maka yang dijadikan sebagai kelas eksperimen adalah kelas V-B dan sebagai kelas kontrol adalah kelas V-A. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan rubrik penilaian aspek afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif pada kelas eksperimen adalah 88,44 dengan persentase ketuntasan 87,50% dan pada kelas kontrol adalah 78,81 dengan persentase ketuntasan 80,95%. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis perbedaan rata-rata yaitu rumus t-tes dengan kriteria jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima dan ditolak jika thitung < ttabel. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 3,43 dan ttabel = 2,03. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa pada ranah afektif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel = 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat mempengaruhi hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Take and Give, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:38
Last Modified: 27 Jul 2023 03:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item