PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DENGAN METODE DISCOVERY DI SD NEGERI 30 DESA BARU KECAMATAN KOTO XI TARUSAN PESISIR SELATAN

Rahmanita, Rahmanita and Wince, Hendri and Erwinsyah, Satria (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DENGAN METODE DISCOVERY DI SD NEGERI 30 DESA BARU KECAMATAN KOTO XI TARUSAN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (138kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dan setiap siklus ada tahap-tahap perencanaan tahap pelaksanaan langkahlangkah pendekatan Discovery dan tahap tindak lanjut pendekatan Discovery dalam Pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 30 Desa Baru Kecamatan Koto XI Tarusan. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses, penilaian hasil, format pencatatan lapangan, analisis penerapan pendekatan Discovery dari aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan Persentase. Dari nilai rata-rata basil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan Discovery pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Jumlah siswa kelas IV SD Negeri 30 Desa Baru adalah 35 orang, jumlah laki-laki 19 orang dan perempuan 16 orang. Persentase nilai pada Siklus I adalah kegiatan guru 72,9% (baik), aspek kognitif 34% dan 43%, aspek afektif 69%. Begitu juga dengan Persentase nilai pada siklus II pertemuan I dan II juga mengalami kenaikan, dimana kegiatan guru 93,7 (sangat baik), aspek kognitif 60% dan 91%, aspek afektif 80,5% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 30 Desa. Baru Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Kata Kunci : Metode Discovery, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:41
Last Modified: 27 Jul 2023 03:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item