PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 20 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Raimah, Nurtaini and MARSIS, MARSIS and Hidayati, Azkiya (2017) PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 20 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (175kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV melalui model Example Non ExampleSDN 20 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 20 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2016/2017. Sebanyak 38 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik total sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif.Untuk menganalisis menulis digunakan teori Susanto ((2014),Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia antara model Example Non Example dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 80> kontrol = 75,5) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengant����� lebih besar dari t�� � (t�����= 1,98 >t�� � = 1,68). Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 20 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Melihat hasil penelitian ini dengan mengunakan model Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: example non example, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:49
Last Modified: 27 Jul 2023 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item