PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI 31 PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI PADANG

Rida, Welismalina and Erman, Har and Erwinsyah, Satria (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI 31 PASAR AMBACANG KECAMATAN KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (205kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VA pada ranah kognitif tingkat pengetahuan dan ranah afektif tingkat menanggapi dengan menggunakan model pembelajaran Scramble di SD Negeri 31 Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian diperoleh skor hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I dengan rata-rata 77,62 dengan ketuntasan 66,67%, meningkat pada siklus II menjadi 83,33 dengan ketuntasan 80,95%. Berdasarkan lembar observasi penilaian ranah afektif siswa diperoleh skor pada siklus I yaitu 70,47 dengan ketuntasan 66,66%. meningkat pada siklus II menjadi 81,82 dengan ketuntasan 83,33%. Dari penelitian dapat disimpulkan, dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif tingkat pengetahuan dan ranah afektif tingkat menanggapi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model Scramble dan dapat dijadikan salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. kata kunci : Scramble, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:56
Last Modified: 27 Jul 2023 06:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item View Item