PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG

RISTA, WIDIA NELSIH and Zulfa, Amrina and rieke, alyusfitri (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (189kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 27 Sungai Sapih. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas belajar matematika dan untuk membuktikan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan pembelajaran tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini, Penelitian eksprimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 27 Sungai Sapih yang terdiri dari 2 kelas. Didapat kelas IVA sebagai kelas Eksprimen dan kelas IVB sebagai kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal dan varian homogen. Kreativitas belajar siswa cukup baik dengan ratarata persentase 24,01%. Rata-rata hasil tes akhir matematika siswa pada kelas eksprimen 78,08 dan kelas kontrol 64,92 dengan taraf uji statistik ( = 0,05) diperoleh � �� � = 3,66 dan ������ = 2,01,berarti � �� � > ������ maka hipotesis H0 diterima. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 27 Sungai Sapih yang menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu penulis menyarankan sekolah dapat menggunakan pembelajaran tipe Course Review Horay sebagai salah satu altenatif pembelajaran yang mengarahkan pada pemahaman materi siswa dalam belajar. Kata Kunci: kreativitas, hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe course review horay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:43
Last Modified: 27 Jul 2023 07:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item