PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 11 KURAO PAGANG

Sinta, Wahdini and Zulfa, Amrina and Hendra, Hidayat (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 11 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan hasil pembelajaran konvensional pada pelajaran matematika di kelas IV SDN 11 Kurao Pagang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN 11 Kurao Pagang. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Kurao Pagang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, terpilih kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji perbedaan rata-rata dengan rumus t-tes. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 4,84 dan ttabel= t(0,95;53) = 1,67 pada taraf nyata 0,05. Ternyata thitung> ttabel , artinya hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN 11 Kurao Pagang. Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:31
Last Modified: 31 Jul 2023 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item