PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 11 PUDUNG KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM

Trys, Setiyani and Gusmaweti, Gusmaweti and Yulfia, Nora (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 11 PUDUNG KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (279kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV dan ranah afektif indikator menanggapi pada pembelajaran IPA di SDN 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 11 Pudung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam cara pengambilan sampelnya menggunakan sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 49 siawa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif IPA dengan rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 85,96 dan pada kelas kontrol yaitu 76.09. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,812 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata  0,05. Hasil belajar afektif IPA siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata yaitu 83,04 dan kelas kontrol 70,30. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 3,39 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata  0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV dan ranah afektif indikator menanggapi pada pembelajaran IPA di SDN 11 Pudung Kec. Ampek Nagari Kab. Agam. Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:50
Last Modified: 01 Aug 2023 06:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

View Item View Item