PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 03 AIR DINGIN KABUPATEN SOLOK

Veni, Ramadhani Kamil and MARSIS, MARSIS and Muhammad, Sahnan (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 03 AIR DINGIN KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model Student Facilitator and Explaining. Teori yang digunakan sebagai penunjang data penelitian ini oleh Taufina meliputi pengertian berbicara, manfaat berbicara, tujuan berbicara, dan jenis-jenis keterampilan berbicara. Teori Sugiyono meliputi jenis penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data ini dengan mengambil data siswa yang sedang berbalas pantun dengan menggunakan lembar pengamatan. Selanjutnya data dianalisis melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menentukan uji normalitas tes akhir, (2) menentukan uji homogenitas, dan (3) menentukan uji hipotesis. Dari hasil analisis uji-t diperoleh harga thitung dibandingkan ttabel dengan dk=n1+n2-2=56 pada taraf kepercayaan a  0.05 diperoleh thitung >ttabel (2,32 > 1,67) berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Student Facilitator and Explaining terhadap keterampilan berbicara (berbalas pantun) siswa kelas IV SDN 03 Air Dingin Kabupaten Solok. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:16
Last Modified: 01 Aug 2023 07:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item