PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG

Welly, Astuti and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN 10 SUNGAI SAPIH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (170kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang dengan menerapkan model pembelajaran Scramble dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang tahun pelajaran 2016/2017 dan sebagai kelas sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode ceramah saja. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (eksperimen = jumlah nilai 3120 dan rata-rata 82,10, kontrol = jumlah nilai 2790 dan rata-rata 75,40) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel (1,966 > 1,6669). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Kota Padang. Kata kunci : Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:46
Last Modified: 01 Aug 2023 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14370

Actions (login required)

View Item View Item