PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 11 RAWANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Wigi, Zandra and MARSIS, MARSIS and Zulfa, Amrina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI 11 RAWANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (183kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan proses pembelajaran yang masih belum efektif di SD Negeri 11 Rawang, dimana guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya kerjasama antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, belum ada siswa yang berani bertanya, dan masih ada siswa yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu penyebab pembelajaran yang kurang efektif ini karena proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Guru belum banyak menggunakan variasi model dalam pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih cepat bosan selama proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa kelas IV masih banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan model pembelajaran Index Card Match. Pada model pembelajaran Index Card Match ini, siswa melakukan suatu permainan (game) yang akan membuat siswa menjadi semangat dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Teori pertama yang digunakan dalam penelitian ini dikemukakan oleh Ahmad Susanto (2014) tentang teori belajar dan pembelajaran, Nana Sudjana (2011) tentang penilaian hasil proses belajar-mengajar, Sugiyono (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Suharsimi Arikunto (2012) tentang dasar-dasar evaluasi pendidikan, Dalman (2016) tentang keterampilan menulis, dan Lufri (2005) tentang metodologi penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dikemukakan oleh Sugiyono (2009). Penelitian ini dilaksanakan selama enam hari di SD Negeri 11 Rawang kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Index card match. Data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Data hasil belajar siswa dari kelas sampel diperoleh dari tes akhir. Hasil tes yang diperoleh dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa analisis uji normalitas dengan uji Lilifors diperoleh ������ < � �� sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas sampel berdistribusi normal, analisis uji homogenitas variansi diperoleh hasil � < �� � � (��, ��) maka �� diterima dengan taraf nyata � = 0,05 sehingga dapat disimpulkan data hasil belajar Bahasa Indonesia kedua kelas sampel memiliki variansi yang homogen, dan uji hipotesis UNIVERSITAS BUNG HATTAiii dengan menggunakan uji-t didapat hasil bahwa (1,87 > 1,67) sehingga hipotesis �� : �� = �� ditolak dan �� : �� ��� diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Index Card Match lebih baik dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Kata kunci: model pembelajaran Index Card Match, hasil belajar bahasa Indonesia. UNIVERSITAS BUNG HATTAi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:09
Last Modified: 02 Aug 2023 02:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item