PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 14 NAN SABARIS PADANG PARIAMAN

Winda, Rezky Setyanda and Susi, Herawati and DASWARMAN, DASWARMAN (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 14 NAN SABARIS PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (248kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional dikelas III SDN 14 Nan Sabaris Padang Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 14 Nan Sabaris dengan jumlah 46 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalahRandomized Control Group Only Design dan didapatkan kelas IIIB sebagai eksperimen dan kelas IIIA sebagai kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipesnowball throwing dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,26 dan nilai rata-rata kelas kontrol 70,95 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh ������ = 1,76 ��� ������ = 1,67 berarti � ����� > ������, maka hipotesis �� diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipesnowball throwing lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 14 Nan Sabarisyang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf kepercayaan 95 %. Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:18
Last Modified: 02 Aug 2023 02:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

View Item View Item