PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 17 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Windi, Ifnawati and Dainur, Putri and Hidayat, Dayat (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 17 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (207kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Cooperattive Script terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 17 Lubuk Alung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan Susanto (2013) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran Cooperative Script yang dikemukakan Suyatno (2009). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 17 Lubuk Alung yang berjumlah 54 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Total sumpling dan didapatkan kelas VB sebagai Eksperimen dan dan kelas VA sebagai Kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 17 Lubuk Alung, dengan menggunakan model Cooperative Script dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen 82,04 dan nilai rata-rata kelas kontrol 79,64 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh thitung = 1,79 dan ttabel = 1,11 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi membaca memindai secara cepat di kelas V SDN 17 Lubuk Alung. Kata Kunci : bahasa indonesia, model cooperative integrated reading and composition, hasil belajar membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:21
Last Modified: 02 Aug 2023 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item