PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 10 GANTING PADANG

Yolanda, Febrina and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 10 GANTING PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (127kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab,rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran group investigation.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 10 Ganting Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B dengan jumlah siswa 55 siswa. Penentuan kelas ekserimen dan kelas control menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian ujistatistik. Hasil penelitian hasil belajar aspek kognitif IPS siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar IPS pada kelas eksperimen yaitu sebesar 82,57dan pada kelas kontrol yaitu 76,74. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 1,87 dan nilai ttabelsebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Kata Kunci: Penerapan Model Group Investigation, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:55
Last Modified: 02 Aug 2023 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14405

Actions (login required)

View Item View Item