KAJIAN FAKTOR KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS MUTU PEKERJAAN PROYEK KONTRUKSI JALAN DI KOTA SUNGAI PENUH

ROLI, DARSA and Rini, Mulyani and Zaitul, Zailtul (2023) KAJIAN FAKTOR KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS MUTU PEKERJAAN PROYEK KONTRUKSI JALAN DI KOTA SUNGAI PENUH. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan - Daftar Pustaka.pdf

Download (439kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur daerah merupakan salah satu aspek penting untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Melalui program strategis pemerintah daerah pembangunan infrastruktur jalan memiliki peranan penting sebagai urat nadi penggerak roda pertumbuhan ekonomi ditengah kehidupan masyarakat. Kinerja sumber daya manusia pada proyek-proyek konstruksi jalan di Kota Sungai Penuh belum terlaksana dengan optimal, Proyek konstruksi mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2022 yang dijadikan sampel sebanyak 60 proyek, dan sampel proyek konstruksi yang kualitas kinerja sumber daya manusia dari penyelesaianya sekitar 50 proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki faktor kinerja sumber daya manusia terhadap Kualitas mutu pekerjaan, apa yang menjadi faktor dominan kinerja sumber daya manusia terhadap terhadap kualitas mutu pekerjaan proyek konstruksi jalan di Kota Sungai Penuh, dan apa yang menjadi strategi peningkatan kualitas kinerja sumber daya manusia yang paling berperan terhadap kualitas mutu pekerjaan proyek konstruksi jalan di Kota Sungai Penuh. Hasil dari penelitian ini untuk tujuan satu yaitu mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja sumber daya manusia kontraktor, ada 37 variabel yang mempengaruhi kinerja sumber daya manusia kontraktor terhadap kualitas proyek konstruksi diantaranya adalah Faktor ke V yaitu Motivasi, Faktor ke VI yaitu pengalaman dan kompensasi yang adil, Faktor ke II yaitu pengelolaan sumberdaya manusia, Faktor ke VII yaitu loyalitas yang tinggi, faktor ke 1 yaitu disiplin dan lingkungan kerja, Faktor ke IX yaitu peningkatan kemampuan dan citra perusahaan, Faktor ke IV yaitu Kompetensi, Faktor ke III yaitu Kemampuan dalam bekerja, Faktor IX, yaitu Peningkatan kemampuan dan citra perusahaan, memiliki nilai beta terbesar di antara semua faktor. Hal ini menunjukkan bahwa faktor ini memiliki pengaruh terbesar terhadap variabel yang sedang diteliti. Peningkatan kemampuan karyawan dan citra positif perusahaan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap variabel tersebut. strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan faktor kemampuan dalam bekerja berdasarkan hasil SWOT yang diberikan, dengan merancang program pelatihan yang komprehensif, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan,menetapkan kriteria seleksi peserta pelatihan, menerapkan teknologi dalam pelatihan, membangun kolaborasi antara konsultan, kontraktor, dan karyawan, mengatasi tingkat pergantian karyawan yang tinggi, Mengelola anggaran secara efektif. Kata Kunci : Kinerja SDM, Kontraktor, Kualitas Mutu Pekerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil Magister
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:08
Last Modified: 24 Aug 2023 04:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item