PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 20 KURAO PAGANG

Cindy, Candra Dewi and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN ABSTRAK DAFIS BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V dimana tingkat ketuntasan siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan mengundi dua kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar tes akhir menunjukkan rata-rata matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan rata-rata kelas eksperimen 86,84 dan nilai rata-rata kelas kontrol 78,70 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh t_hitung = 4,625 dan t_tabel = 1,681 berarti t_hitung > t_tabel, maka hipotesis H_1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 20 Kurao Pagang yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Melihat penedekatan Realistic Mathematics Education memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa, maka hendaklah guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:09
Last Modified: 28 Aug 2023 02:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item