Pengaruh Media Pembelajaran Corong Hitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 20 Kurao Pagang

Efni, Azania and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Corong Hitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 20 Kurao Pagang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI EFNI AZANIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran corong hitung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat media pembelajaran corong hitung berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 20 Kurao Pagang pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 20 Kurao Pagang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIB sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor nilai akhir Matematika dalam mengukur hasil belajar siswa yang di kumpulkan melalui tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,76 dan 72,40 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan thitung lebih dari ttabel dengan thitung = 5,12  t(0,05;51) = 1,67. Dengan demikian hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran corong hitung terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk itu disarankan pada guru kelas saat belajar Matematika untuk dapat menerapkan media pembelajaran corong hitung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:57
Last Modified: 28 Aug 2023 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item