PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV C MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG

Alen, Hidayah and Darwianis, Darwianis (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV C MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER ALEN HIDAYAH 19-015.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ALEN HIDAYAH 19-015 KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
SKRIPSI ALEN HIDAYAH 19-015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu permasalahan pada aspek kognitif dan aspek afektif pada siswa, dan pelaksanaan pembelajaran PPKn yang belum terlaksana dengan optimal. Sehingga berdampak kepada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PPKn siswa menggunakan model Numbered Head Together di kelas IV C. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi nya peningkatan hasil belajar afektif (kemampuan menyampaikan pendapat) dari siklus I memperoleh rata-rata 48,21% meningkat pada siklus II menjadi 89,29. Kemudian terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 77,86 meningkat disiklus II menjadi 93,56. Dapat disimpulkan bahwa dengan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil pembelajaran PPKn siswa kelas IV C Sd Islam Khaira Ummah kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:09
Last Modified: 29 Aug 2023 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15118

Actions (login required)

View Item View Item