Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V SDN 04 Pasar Surantih Kabupaten Pesisir Selatan

Naflah, Alifah and Syafni, Gustina Sari (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V SDN 04 Pasar Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 04 Pasar Surantih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V 04 Pasar Surantih yang berjumlah 40 siswa yaitu kelas Va dan Vb. Kelas Va berjumlah 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Kelas Vb berjumlah 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang di ambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapatnya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini di tunjukkan dengan hasil t-test dengan thitung > ttabel (1,71>1,686) pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil rata-rata nilai kelas eksperime 87 lebih baik dari hasil rata-rata kelas kontrol yaitu 78. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SDN 04 Pasar Surantih maka dapat mengunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 04 Pasar Surantih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:52
Last Modified: 29 Aug 2023 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item View Item