PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT DI KELAS V SD NEGERI 028/XI TANJUNG KOTA SUNGAI PENUH

Dinda, Maharani and Ashabul, Khairi (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT DI KELAS V SD NEGERI 028/XI TANJUNG KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB pendahuluan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB penutup.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
SKRIPSI 1_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran Reward and Punishment pada materi siklus air. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 028/XI Tanjung Kota Sungai Penuh tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 71,25% kemudian pada siklus II menjadi 86,25%. Hasil data angket motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 74,6% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Adanya peningkatan sebesar 12,4% menunjukkan bahwa siswa sudah terbiasa menggunakan tahap-tahap pembelajaran Reward and Punishment dalam pembelajaran IPA. Selain itu banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kualifikasi sangat baik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 4 siswa di siklus I menjadi 11 siswa di siklus II. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 028/XI Tanjung Kota Sungai Penuh dapat meningkat melalui metode pembelajaran Reward and Punishment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:48
Last Modified: 29 Aug 2023 02:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15149

Actions (login required)

View Item View Item