Peningkatan Menulis Pantun Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indoensia Menggunakan Model Group Investigation (GI) di SD Negeri 24 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat

Rice, Risnanda and Dr. Yetty, Morelent, M.Hum (2023) Peningkatan Menulis Pantun Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indoensia Menggunakan Model Group Investigation (GI) di SD Negeri 24 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka (1).pdf

Download (278kB)
[img] Text
Skripsi PTK Rice Risnanda (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya keterampilan menulis siswa di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V menggunakan model Group Investigation (GI) di SD Negeri 24 Ujung Gurun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 73,18 dan meningkat menjadi 31%. Pada siklus II dengan rata-rata 86,36 menjadi 72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membuat pantun dengan menggunakan model Group Investigation (GI) dapat meningkat keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model Group Investigation (GI) pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Kata Kunci : Keterampilan menulis, model Group Investigation (GI), bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:31
Last Modified: 30 Aug 2023 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item