PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH

Intan, Rahma Aulia and Wince, hendri (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER INTAN RAHMA AULIA 19-159.pdf

Download (823kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA INTAN RAHMA AULIA 19-159.pdf

Download (171kB)
[img] Text
SKRIPSI INTAN RAHMA AULIA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Intrumen yang digunakan berupa tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian terlihat nilai rata-rata kelas eksperimen (84,9) dengan persentase ketuntasan 78,6% lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol (77,8) dengan persentase ketuntasan 72%. Dimana H0 di tolak dan H1 di terima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar IPA dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing bisa digunakan guru untuk dijadikan alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:19
Last Modified: 30 Aug 2023 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15237

Actions (login required)

View Item View Item