PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS IV DI SDN 55 AIR PACAH

Nopira, Rosya and Syafni Gustina, Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS IV DI SDN 55 AIR PACAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1 COVER dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
2 BAB 5 KESIMPULAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
SKRIPSI NOPIRA ROSYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi matematika, siswa kurang termotivasi dan cepat merasa bosan, dan pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas IV, berjumlah 50 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling, untuk penentuan kelas eksperimen dan kontrol dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa lembar soal dalam bentuk objektif dan essay, sedangkan teknik analisis data dengan mengunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,72 dengan ketuntasan 92% dan 82,96 dengan ketuntasan 76% pada kelas Kontrol. Dari hasil analisis data secara statistik yang telah dilakukan diperoleh t_hitung (2,016) >t_tabel (2,011) dengan taraf nyata signifikan 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas IV di SDN 55 Air Pacah. Kata Kunci : Make A Match dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:16
Last Modified: 30 Aug 2023 02:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item