Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan model picture and picture pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang

Della, Zelfira and Dr. Yetty, Morelent,M.Hum (2023) Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan model picture and picture pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang. Diploma thesis, Universitas bung hatta.

[img] Text
BAB I DELLA ZELFIRA.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB V-dp.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI DELLA ZELFIRA 19-047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas II di SD Negeri 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Yang disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis cerita pendek siswa menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas II SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang. Teori yang digunakan dalam pembelajaran Picture And Picture dikemukakan oleh Shoimin (2019). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 06 Kampung LapaI, Kota Padang yang Berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterampilan menulis cerita pendek siswa, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis cerita pendek siswa pada siklus I sebesar 62,96 % dengan rata-rata 72,48 dan meningkat pada Siklus II sebesar 81,48% dengan rata-rata 80,22. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa pada kelas II SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Cerita pendek, Model Pembelajaran Picture And Picture, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:55
Last Modified: 30 Aug 2023 01:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item View Item