MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 40 KORONG GADANG

Desi, Desi and Darwianis, Darwianis (2023) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 40 KORONG GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER (2)-digabungkan.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (116kB)
[img] Text
COVER (2)-digabungkan (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran PKn di kelas V Korong Gadang dengan tujuan aspek kognitif pemahaman (C2) dan aspek afektif kemampuan kerjasama (A2). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. PTK dolakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali tes akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Dengan subjek penelitian adalah 26 orang siswa. Hasil pembelajaran PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan model STAD. Terlihat dari hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 53,69% dengan nilai rata-rata 75,76 dan meningkat pada siklus II sebesar 80% dengan nilai rata-rata 82,30. Pada aspek afektif siswa yang diperoleh presentase pada siklus I sebesar 71,15% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,84%. Dengan demikian hasil pembelajaran PKn siswa SDN 40 Korong Gadang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model STAD. Kata kunci: Hasil Pembelajaran PKn, Model STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:10
Last Modified: 30 Aug 2023 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item