Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 24 Kunangan Parit Rantang Sijunjung

Restu Teguh, Dwi Yurindi and Enjoni, Enjoni (2023) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 24 Kunangan Parit Rantang Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Skripsi Restu Teguh Dwi Yurindi 280.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi apakah terdapat perbedaan hasil belajar menggunkan model Examples Non Examples dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar materi IPA kelas V SDN 24 Kunangan Parit Rantang Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunkan berupa tes objektif sebanyak 30 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 24 Kunangan Parit Rantang Sijunjung tahun pelajaran 2022/2023, Sebanyak 41 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA kelas eksperimen dan VB adalah kelas kontrol teknik pengambilan sampel menggunkan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian di kelas ekperimen di dapatkan nilai rata rata yaitu 66,99 dan di dapatkan nilai rata – rata dikeals kontrol 56,84. Disimpulakan terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggukan model pembelajaran Examples Non Examples lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mencapai kentutasan belajar IPA dengan pembelajaran konvensional.Saran penelitian ini, bagi guru untuk bisa menggunkan model pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran. Bagi siswa, bisa mendapatkan kemudahan dalam memahami materi pembelajaran IPA. Bagi sekolah, diharapkan dapat mempergunakan sebagai inovasi serta penyempurnaan pada proses pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya, Model Examples Non Examples dapat dijadikan sebagai acuan dalam melakukan penelitian dengan variabel berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:03
Last Modified: 30 Aug 2023 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item View Item