PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SDN 27 KOTO BATU HAMPAR KECAMATAN KOTO XI TARUSAN

Anggya, Zusya and MUSLIM, MUSLIM (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SDN 27 KOTO BATU HAMPAR KECAMATAN KOTO XI TARUSAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan Halaman Pengesahan Anggya Zusya 19-093.pdf

Download (576kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan Saran dan daftar Pustaka Anggya Zusya 19-093.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Fullteks Skripsi Anggya Zusya 19-093-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V di SDN 27 Koto Batu Hampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa mengerjakan latihan, diskusi, dan bertanya siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 27 Koto Batu Hampar dengan menggunakan model Think Pair Share. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjec penelitian ini siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase skor aktivitas siswa mengerjakan latihan pada siklus I adalah 63,9 meningkat pada siklus II menjadi 88,5% aktivitas berdiskusi siswa pada siklus I adalah 61% meningkat pada siklus II menjadi 92,6% dan aktivitas bertanya siswa pada siklus I adalah 55,5% meningkat pada siklus II menjadi 85,5% dan hasil belajar siswa siklus I rata-rata 73,1% dengan persentase ketuntasan 50,0% meningkat. Pada siklus II rata-rata 89,4% dengan persentase ketuntasan 88,8% Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN 27 Koto Batu Hampar dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan dengan model Think Pair Share. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:06
Last Modified: 30 Aug 2023 08:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item