PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVPADA PEMBELAJARANPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE DEBATE DI SDN 27 KOTO BATU HAMPAR KEC. KOTO XI TARUSAN

Rice, Maulana and MUSLIM, MUSLIM (2023) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVPADA PEMBELAJARANPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE DEBATE DI SDN 27 KOTO BATU HAMPAR KEC. KOTO XI TARUSAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN RICE MAULANA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA RICE MAULANA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI RICE maulana (113).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penlitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di kelasIV SDN 27 Koto Batu Hampar Kecamatan Koto IX Tarusan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi Belajar Siswa kelas IV pada Pembelajaran PKn melalui Model Active Debate. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK Yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus erdiri dari kali pertemuan subjek penelitin adalah siswa kelas IV SDN 27 Koto IX Tarusan berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar akivitas guru, lembar observasi motivasi siswa dan lembar evaluasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata analisis motivasi siswa pada siklus I adalah 55,55%, sementara rata-rata analisis motivasi siswa pada siklus II adalah 83,41% Meningkat 28,23%. Dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dimana rata-rata hasil tes akhir di siklus I adalah 66,66% sementara rata-rata tes di akhir siklus II adalah 92,59% dapat disimpulkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model active debate di SDN 27 Koto Batu Hampar Kecamatan Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:44
Last Modified: 30 Aug 2023 08:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item