PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SD NEGERI 13 BALAI KURAI TAJI KOTA PARIAMAN

Anggi syafna, putrima and Ade Sri, Madona (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SD NEGERI 13 BALAI KURAI TAJI KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
full teks skripsi anggi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
kesimpulan saran dan daftar pustaka anggi.pdf

Download (202kB)
[img] Text
cover skripsi anggi .pdf

Download (730kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SDN 13 Balai Kurai Taji Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPS Melalui Model Team Assisteed Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 13 Balai Kurai Taji Kota Pariaman berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasi penelitian menunjukan bahwa Aktivitas bertanya pada siklus I diperoleh rata-rata presentase 32,5%, menigkatnya pada siklus II dengan rata-rata presentase sebesar 67,5%. Aktivitas Berdiskusi pada siklus I diperoleh rata-rata presentase 62,5%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata presentase sebesar 80%. Aktivitas Mengarjakan Latihan pada siklus I diperoleh rata-rata presentase 62,5%, meningaktnya pada siklus II Megerjakan Latihan dengan rata-rata presentases sebesar 82,5%. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat divariasikan dalam penggunaan nya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan Aktivitas belajar IPS siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:34
Last Modified: 31 Aug 2023 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item