PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV/A SDN 07 GURUN LAWEH PADANG

AMELIA, SEPTI NUR AFRIZA and Amrina, Zulfa (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV/A SDN 07 GURUN LAWEH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV/A SDN 07 GURUN LAWEH PADANG Amelia Septi Nur Afriza 1, Zulfa Amrina1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: ameliaseptinurafrizaa@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV/A SDN 07 Gurun Laweh Padang. Salah satu penyebabnya adalah belum efektifnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model Means Ends Analysis (MEA) pada peserta didik kelas IV/A SDN 07 Gurun Laweh Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model MEA. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV/A SDN 07 Gurun Laweh Padang yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 8 laki-laki dan 11 perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 78,49% dan siklus II mengalami peningkatan 96,88%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 61,47 atau persentase ketuntasan 10,53%, dan siklus II mengalami peningkatan 87,63 atau persentase ketuntasan 89,47%. Kesimpulannya, model pembelajaran MEA dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV/A SDN 07 Gurun Laweh Padang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan solusi bagi guru untuk menerapkan model MEA dalam meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya kelas IV/A SDN 07 Gurun Laweh Padang. Kata Kunci: Hasil Belajar, Means Ends Analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:20
Last Modified: 31 Aug 2023 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item View Item