Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan modul ajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 51 perumnas Kuranji kota padang

Lil, Yusri and Siska, Angreni (2023) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan modul ajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 51 perumnas Kuranji kota padang. Diploma thesis, Universitas bung Hatta.

[img] Text
I. COVER HALAMAN PENGESAHAN DAFTAR ISI BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (969kB)
[img] Text
II. BAB PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA LIL YUSRI 19-139.pdf

Download (428kB)
[img] Text
III. FULL SKRIPSI LIL YUSRI 19-139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe jigsaw di kelas V SDN 51 Perumnas Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 51 Perumnas Kuranji yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklus terdapat dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru,lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II, dimana rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 57,3. Sementara rata-rata aktivitas siswa pada siklus II adalah 80. Dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,5 meningkat menjadi 86 pada siklus II. Lalu Pada persentase ketuntasan yang persentasenya adalah 58,8% pada siklus I meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN 51 Perumnas Kuranji kota Padang pada pembelajaran IPA, dan disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses Kata kunci: Aktivitas dan Hasil belajar siswa, Kooperatif Tipe Jigsaw Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:16
Last Modified: 31 Aug 2023 02:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

View Item View Item