PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 05 KAMPUNG KAJAI KABUPATEN PASAMAN

Lidya, Saputri and Dr.Muslim, muslim (2023) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 05 KAMPUNG KAJAI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover skripsi dya.pdf

Download (660kB)
[img] Text
kesimpulan saran dan daftar pustaka dya.pdf

Download (286kB)
[img] Text
full teks dya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn dengan menggunakan model mind mapping di SDN 05 kampung kajai kabupaten pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan dilakukan tes pada akhir siklus, prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, angket motivasi dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mind mapping pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi siswa dari siklus I ke siklus II, pada siklus I di proleh sebesar 68,1%, meningkat menjadi 80,3% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I diproleh sebesar 64,5 % meningkat pada siklus II sebesar 83,8%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn dengan menggunkan model mind mapping di SDN 05 kampung Kajai Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:14
Last Modified: 31 Aug 2023 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item