PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 08 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT

Aulia, Gusvika and Gusnetti, Gusnetti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 08 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Repository Aulia Gusvika.pdf

Download (392kB)
[img] Text
File 2 Repository Aulia Gusvika.pdf

Download (68kB)
[img] Text
FULL Skripsi Aulia Gusvika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 08 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Hal tersebut disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode atau teknik atau media dalam pembelajaran menulis sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan model Picture and Picture. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis yang dikemukakan oleh Dalman (2015) dan model Picture and Picture dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 08 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan menulis siswa, lembar aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru. Untuk penilaian lembar observasi guru pada siklus I yaitu 73% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 78%. Lembar observasi siswa pada siklus I yaitu 69% dan untuk siklus II mengalami peningkatan yaitu 88%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I sebesar 44% dengan rata-rata hasil belajar 70 dan meningkat pada siklus II sebesar 81% dengan rata-rata 80. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam membuat karangan narasi dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 08 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:31
Last Modified: 01 Sep 2023 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item