PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX KELAS V DI SDN 12 BATANG GASAN KECAMATAN BATANG GASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Ketrin, Noviyander and Tamrin, Tamrin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX KELAS V DI SDN 12 BATANG GASAN KECAMATAN BATANG GASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover (4).pdf

Download (610kB)
[img] Text
Bab kesimpulan dan daftar pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model talking stick berbantuan question box pada pembelajaran PKn kelas V di SDN 12 Batang Gasan Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi afektif siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model talking stick berbantuan question box terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55% dengan nilai rata – rata 71,3 meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan nilai ratarata 84,45. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 60%, meningkat pada siklus II 82%. Dapat disimpulkan, melalui model talking stick berbantuan question box dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V. Peneliti menyarankan agar guru dalam pelaksanaan pembelajaran dapat menerapkan model talking stick berbantuan question box dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:28
Last Modified: 01 Sep 2023 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item View Item