UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DI SDN 01 BARUNG-BARUNG BALANTAI PESISIR SELATAN

Sherly, Monica and Arlina, Yuza (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DI SDN 01 BARUNG-BARUNG BALANTAI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI FULL SHERLY MONICA 19-254 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
CVER- BAB I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB V- DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, saat pembelajaran berlangsung siswa tidak fokus, banyak siswa yang bermain saat sedang belajar, kurangnya penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan guru, dan penanaman konsep yang diberikan guru belum nampak atau belum terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui penerapan teori belajar Bruner di SD Negeri 01 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Barung-Barung Balantai Pesisir Selatan yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu data observasi aktivitas guru dan lembar tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklus dilakukan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini melihatkan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan persentase 50% sedangkan pada siklus 2 yaitu 82,14%. Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 dengan persentase 90% sedangkan pada siklus 2 dengan persentase 100%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Saran dari penelitian ini adalah dengan penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan salah satu alternatif guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:48
Last Modified: 01 Sep 2023 02:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item