UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 19 PASIE LAWEH KAB. TANAH DATAR

Yona, Novita and Ira, Rahmayuni Jusar (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 19 PASIE LAWEH KAB. TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI YONA NOVITA NPM. 1910013411191 PRODI PGSD FKIP UBH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5- DP.pdf

Download (350kB)
[img] Text
CVR- BAB I.pdf

Download (660kB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI 19 PASIE LAWEH KAB. TANAH DATAR Yona Novita1, Ira Rahmayuni Jusar1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : yonanovita67@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 19 Pasie Laweh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL di kelas V SD Negeri 19 Pasie Laweh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 66% dan meningkat pada siklus II menjadi 86%, sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 53% dan meningkat pada siklus II menjadi 73%. Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 19 Pasie Laweh. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model PBL dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Model PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:33
Last Modified: 01 Sep 2023 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

View Item View Item