MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDIT NURUL IKHLAS KOTA PADANG

Westi, desvia laura and M, Nursi (2023) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDIT NURUL IKHLAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER BAB I.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Skripsi Full teks Westi desvia laura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SDIT Nurul Ikhlas Kota Padang, dimana nilai hariannya hanya 7 orang siswa (35%) yang menguasai materi pembelajaran Pendidikan Pancasila, dengan target untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas IV pada ranah kognitif pemahaman (C2) dan afektif tanggung jawab dan kerjasama (A2) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, yaitu dengan menggunakan media Audio Visual. Sebagai penelitian tindakan kelas, penelitian ini yang dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus dengan subjek berjumlah 20 orang, menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi hasil pembelajaran ranah afektif, tes hasil pembelajaran ranah kognitif dan kamera. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa, pada siklus pertama meningkat dari 35% menjadi 60% (naik 25%), pada siklus kedua meningkat dari 60% menjadi 90% (naik 30%). Sedangkan hasil pembelajaran ranah afektif siswa, pada siklus pertama meningkat dari 65% menjadi 70% (naik 5%), pada siklus kedua meningkat dari 70% menjadi 92,5% (naik 22,%). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Audio Visual di SDIT Nurul Ikhlas Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:12
Last Modified: 01 Sep 2023 07:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item