PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 05 SAWAHAN PADANG

Rike Rahmayeti, Rike and M. Tamrin, M. Tamrin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 05 SAWAHAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI RIKE RAHMAYETI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (343kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 05 Sawahan Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan model Mind Mapping di kelas V SDN 05 Sawahan Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dalam satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 05 Sawahan Padang, yang berjumlah 20 orang. Insrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa, lembar observasi aspek guru dalam pembelajaran, tes hasil belajar ranah kognitif siswa. Berdasarkan tes ranah kognitif siswa memperoleh rata-rata hasil belajar ranah kognitif (C1+C2) siswa pada siklus 1 66,66% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,4% dengan rata-rata 78,8. Berdasarkan hasil lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa diperoleh presentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I 51,85% meningkat menjadi 88,88% pada siklus II dengan rata-rata 87.9. Hal ini berarti pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 05 Sawahan Padang. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Mind Mapping dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:59
Last Modified: 04 Sep 2023 03:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item