PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 07 PASAR SALIDO PESISIR SELATAN

Laurain, Annesti and Ade, Sri Madona (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 07 PASAR SALIDO PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI FULL LAURAIN ANNESTI 19-263.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
bab v- dp lauren.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Cover- bab I Lauren.pdf

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SDN 07 Pasar Salido Pesisir Selatan, yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih cenderung berpusat kepada guru dan media pembelajaran PKn yang kurang kreatif, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini berjumlah 11 orang siswa, menggunakan instrument penelitian lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar, dan dilakukan dengan dua siklus yang masing-masingnya terdiri dari dua kali pertemuan, dan diakhiri dengan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capaian ketuntasan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada Siklus I belum terjadi peningkatan dari baseline 36,36% menjadi 36,36% dengan nilai rata-rata 32,08, dan pada Siklus II terjadi peningkatan dari 36,36% menjadi 81,81% dengan nilai rata-rata 39,90. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas VA SDN 07 Pasar Salido Pesisir Selatan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:24
Last Modified: 04 Sep 2023 04:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15630

Actions (login required)

View Item View Item