ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKn DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG

FIFI, AKHIMUL ASRI and Yulfia, Nora (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKn DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI FIFI AKHIMUL ASRI (19-167).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover- BAB I FIFI.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V- DP FIFI.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran PKn dalam pembentukan nilai karakter siswa kelas IV di SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memperoleh data dari observasi, wawancara dan catatan lapangan yang berupa kata-kata, tulisan dan foto-foto dokumentasi yang mendukung suatu data penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini guru kelas IV B dan IV C SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang (Key Informan), dan Kepala Sekolah SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang (Pendukung). Teknik pengumpulan data melakukan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran PKn yang dilaksanakan oleh guru di kelas sudah memasukkan nilai-nilai karakter (2) faktor-faktor yang menghambat pembentukan nilai karakter adalah kurangnya jam pelajaran PKn dan kurangnya kesadaran diri siswa (3) cara meminimalisir kendala yaitu dengan memberikan pemahaman serta contoh kepada siswa tentang nilai-nilai moral yang baik yang dapat siswa terapkan dalam kehidupan sehari-hari, menambah jam pelajaran PKn di Sekolah, serta menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa tentang pentingnya nilai karakter pada setiap individu siswa. Peran guru sangat dominan dalam membentuk karakter siswa sehingga harus dapat menempatkan dirinya sebagai panutan yang dapat memberi teladan yang baik di lingkungan sekolah. Kata Kunci : Analisis, Pelaksanaan Pembelajaran PKn, Pembentukan Nilai Karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 04 Sep 2023 04:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item