PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL SQ3R BERBANTUAN MIND MAPPING KELAS VDI SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG

Miftahul, Jannah and syofiani, syofiani (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL SQ3R BERBANTUAN MIND MAPPING KELAS VDI SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULN DAN SARAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
skripsi Miftahul Jannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa dalam belajar dikarenakan siswa masih kurang aktif dalam proses belajar, serta masih takut, malu, dan ragu untuk mengungkapkan pendapat sehingga berdampak pada hasil belajar siswa kelas V.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi siswa melalui model SQ3R berbantuan Mind Mapping. Teori yang digunakan adalah model SQ3R menurut Robinson (2014), Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada pertemuan kedua setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa,lembar observasi keterampilan menulis ringkasan dan tes akhir siklus siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 70,3% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 89,6% (Baik). Aspek siswa pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 68,8% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% (Baik). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,08. Dengan demikian model SQ3R berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan Teks Eksplanasi menggunakan model SQ3R berbantuan Mind Mapping di kelas V SD Negeri 06 Kampung Lapai Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:20
Last Modified: 04 Sep 2023 06:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15697

Actions (login required)

View Item View Item