PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL THINK PAIPENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 26 RIMBO KALUANG KOTA PADANG R SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 26 RIMBO KALUANG KOTA PADANG

Fadila, junva and Syofiani, Syofiani (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL THINK PAIPENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 26 RIMBO KALUANG KOTA PADANG R SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 26 RIMBO KALUANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V FILE 2 (1).pdf

Download (32kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI FADILA JUNVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa menggunakan model Think Pair Share di kelas V SDN 26 Rimbo Kaluang Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran cenderung terpusat pada guru dan proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang disajikan kurang kreatif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 26 Rimbo Kaluang Kota Padang yang berjumlah 23 orang. Instrument penelitian ini yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dengan rata-rata 83,33 pada siklus I dan siklus II 88,09, lembar aktivitas siswa pada siklus I 70,83 dan siklus II dengan rata-rata 87,49. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata lembar observasi penilaian keterampilan berbicara siswa pada siklus I yaitu 78,04 meningkat menjadi 88,91 pada siklus II. Dengan meningkatnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia berdampak pada nilai tes akhir siklus dengan rata-rata 75,34% pada siklus I, meningkat menjadi 84,47% pada siklus II dengan menggunakan rumus Sudjana (2012). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Think Pair Share dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 09:24
Last Modified: 04 Sep 2023 09:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item View Item